Dalam peningkatan kualitas Madrasah, Kementrian Agama Kabupaten Magelang dibidang Pendidikan melakukan PKKM atau Penilaian Kinerja Kepala Madrasah yang dilaksanakan di MTs Ma’arif 2 Muntilan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas madrasah dibidang Managerial, Kepemimpinan, Supervisi & Sosial. Nur Subkhan, S.TP Kepala Madrasah MTs Ma’arif 2 Muntilan mengatakan dalam sambutannya, “ PKKM ini sebagai pengganti akreditasi dimasa mendatang dengan dilaksanakan setiap tahunnya agar meringankan madrasah .”
Kegiatan tersebut berlangsung selama satu hari dengan dua tahapan yaitu tahapan penilaian sarana prasarana & lingkungan serta penilaian secara administrasi. PKKM ini juga akan dilaksanakan di setiap tahunnya sebagai tolak ukur & peningkatan madrasah dalam proses pembelajaran & managemennya.
Disamping itu, Dra. Hj Siti Zumrotul Mutmainah, M.SI sebagai pengawas penilai juga sangat mengapreasi kinerja guru – guru dalam mempersiapkan PKKM tahun pelajaran ini meskipun dalam masa pandemi. Beliau menegaskan “ PKKM ini bukan hanya cukup Kepala Madrasah yang dinilai, akan tetapi semua stakeholder dari seluruh madrasah juga berperan untuk memberikan yang terbaik dalam penilaian.”